Minggu, 14 Juni 2009

Belum Kaya Kalo Belum Punya Sepeda Onthel


Bila membaca judul tulisan ini, orang yang tidak paham dan tidak mengerti tentang sepeda ontel pasti akan tertawa karena mengganggap itu adalah sebuah lelucon yang gagal ( nilai lucunya kurang ), karena bagaimana mungkin benda yang sudah karatan seperti itu dapat dijadikan alat ukur dalam menentukan suatu status yang pada dasarnya semua orang yang masih berada dikolong langit ini saling berlomba untuk mencapainya.

Bagi para ontelis yang telah paham dan mengerti seperti apa dan bagaimana sepeda ontel itu diburu guna mendapatkannya, didandani dengan assesoris yang berlabel “original”, judul “ belum kaya kalau belum punya ontel” belumlah cukup untuk menggambarkannya, karena kata kaya cenderung berkonotasi kepada materi semata, sedang seseorang yang memiliki sebuah sepeda ontel, “kaya itu sudah pasti” tapi masih banyak kata – kata lain yang patut disandangkan seperti belum ulet, belum sabar, belum romantis, belum seniman, dan saya yakin masih banyak kata-kata “belum” yang lainnya (saya sendiri juga belum dapatkan, he….he…..he……).

Ada beberapa alasan sehingga kenapa memiliki sebuah sepeda ontel dijadikan ukuran status “ kaya “ :
1. Barang antik dan langka, mungkin sudah menjadi hukum alam bahwa sesuatu yang dikategorikan langka senantiasa akan menjadi buruan bagi setiap orang, hanya orang - orang belum menyadari kelangkaannya.
2. Barang Impor, hampir dipastikan bahwa semua sepeda yang masuk dalam kategori sepeda ontel adalah merupakan produksi pabrik – pabrik sepeda luar negeri, seperti Belanda, Prancis, Jerman, Inggris, Amerika dll.
3. Cantik dan seksi, kalo ini semua orang suka…….( he….he…..he……)
4. Bagi yang mempelajari sejarah tempoe doeloe, pasti sudah tahu kalau sepeda onthel identik dengan pejabat / pengusaha saat itu, seperti demang, kepala pasukan, bahkan tuan tanah. Nah, bisa dibayangkan betapa kayanya orang yang saat itu memakai sepeda onthel.

Dari alasan – alasan tersebut diatas tentu orang yang tidak mengerti tentang sepeda ontel tidak akan tertawa lagi, bila mendengar “ Belum kaya kalo belum punya ontel” karena hanya orang – orang kaya yang mampu memiliki barang yang memenuhi spesifikasi diatas. ( Achank pedals )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar